SUKSES BISNIS KELUARGA BROWNIES “AMANDA
SUKSES BISNIS KELUARGA BROWNIES “AMANDA
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Makanan-makanan yang tersedia di pasaran saat ini sangat beranekaragam dan harga yang ditawarkan juga beraneka dari yang terjangkau oleh masyarakat hingga harga yang tinggi. Salah satu jenis makanan atau cemilan yang digemari di tengah-tengh masyarakat yaitu brownies. brownies yang merupakan makanan berupa cemilan dari Negara Amerika Serikat yang tersebar di Indonesia. Di Indonesia keberadaan brownies sudah mudah untuk dicari dari yang memiliki merk yang telah terkenal seperti brownies Amanda yang tersohor.
Keberadaan brownies sebagai salah satu makanan yang di gemari masyarakat karena memiliki rasa manis yang kaya akan coklat dan teksturnya yang lembut. Kini, sesuai dengan perkembangan zaman, keberadaan brownies juga semakin berkembang baik dari segi rasanya yang mulai beranekaragam dengan beraneka toping di bagian atasnya.
B. Visi Usaha
Adapun visi dari usaha Brownies ”Amanda” adalah didasari ikatan dan nilai kekeluargaan yang kuat untuk menjadi sebuah perusahaan terbesar dan terdepan dengan kualitas produk dan pelayanan terbaik.
C. Misi Usaha
Adapun misi dari usaha Brownies “Amanda” adalah :
1. Menjadi perusahaan penyedia produk dan layanan jasa terbaik.
2. Membangun citra positif perusahaan dengan karya kreatif dan inovatif.
3. Mengelola unit-unit usaha secara profesional.
4. Menjadi perusahaan dengan manfaat terbaik bagi karyawan, mitra kerja dan masyarakat.
BAB II
PROFIL PERUSAHAAN
A. Identitas Perusahaan
Nama Perusahaan : Brownies “Amanda”
Bidang Usaha : Makanan ( Brownies )
Nama Pemilik : Ibu Sumiwiludjeng Sjukur
Kelahiran : Jombang, Jawa Timur, 01 Agustus 1940
Pendidikan Terakhir : Tataboga dari IKIP Jakarta
B. Lokasi Perusahaan
Brownies “Amanda” berpusat di Bandung dan mempunyai cabang hampir di seluruh Indonesia yaitu Jawa, Sumatera, Bali, Lombok dan Sulawesi. Berikut beberapa outlet Brownies “Amanda” :
1. Jawa Barat
a. Bandung
1) Jl. Rancabolang No. 29 Bandung,
Phone : 022-92754191/022-70774113
(AMANDA PUSAT)
Phone : 022-92754191/022-70774113
(AMANDA PUSAT)
2) Jl. Cikawao No. 1-3 Bdg
Phone : 022-92754192
Phone : 022-92754192
3) Jl.Ters. Jakarta No.6 Bdg
Phone : 022-92754193
Phone : 022-92754193
4) Jl. Pasir Kaliki Ruko Paskal Hyper Square Blok A 43 Bandung,
Phone : 022-92754194
5) Jl. Ir. H. Djuanda No. 167 Bandung
Phone : 022-92754195
Phone : 022-92754195
b. Bogor
1) Jl. Pajajaran No. 84F Bogor
Phone : 0251-9245745
Phone : 0251-9245745
c. Cirebon
1) Jl.Tuparev No.38A Cirebon
Phone : 0231-9187979
Phone : 0231-9187979
d. Cimahi
1) Jl. Raya Cibabat No.452 Cimahi Bandung
Phone : 022-6645586
Phone : 022-6645586
2. Jawa Tengah
a. Yogyakarta
1) Jl. Diponegoro No.38, Yogyakarta.
Telp.0274-9230220
2) Jl. Cokroaminoto No.219, Yogyakarta
Telp. 0274-9230221
Telp. 0274-9230221
3) Jl. Bhayangkara No.35, Yogyakarta.
Telp.0274-9127462
b. Solo
1) Jl. Yosodipuro No.51, Solo.
Telp.0271-719120
Telp.0271-719120
3. Jawa Timur
a. Surabaya
1) Jl. Kutai No. 8 Surabaya
Phone : 031-91171430
Phone : 031-91171430
2) Jl. Raya Bratang Binangun No. 11-11A, Surabaya.
Telp. 031-91171431
Telp. 031-91171431
3) Jl. Mulyosari No.95F, Surabaya.
Telp. 031-91171432
Telp. 031-91171432
4) FO Darmo, Jl. Raya Darmo No.14-16, Surabaya.
Telp. 031-91091778
Telp. 031-91091778
5) Delta Plaza Lt.2, Jl. Pemuda No.33-37, Surabaya.
Telp.031-91171433
Telp.031-91171433
b. Malang
1) Jl. Arief Rahman Hakim No.26A, Malang.
Telp. 0341-9926140
Telp. 0341-9926140
2) Jl. WR. Supratman C1 Kav.19, Malang.
Telp.0341 – 9926141
Telp.0341 – 9926141
c. Sidoarjo
1) Jl. Pahlawan No.9C, Sidoardjo.
Telp. 031-91526559
Telp. 031-91526559
4. Sumatera Utara
a. Medan
1) Jl. Abdullah Lubis No.23A, Medan.
Telp.061 – 91415001
Telp.061 – 91415001
2) Jl. Kruing No.3F, Medan.
Telp.061-91415002
Telp.061-91415002
3) Jl. Brigjend Katamso No.486, Medan.
Telp.061-91415002
Telp.061-91415002
C. Latar Belakang Berdirinya Perusahaan
Brownies Amanda merupakan hasil kreasi seorang ibu rumah tangga yang memodifikasi resep kue bolu kukus. Hj. Sumiwiludjeng Sjukur, pada akhir tahun 1999, mulai mengutak-atik resep itu untuk mendapat rasa yang lebih enak. Ibu Sumi dibantu putra sulungnya, Joko Ervianto menerima pesanan kue dan makanan untuk arisan hingga pesta perkawinan. Namun, usaha ini masih bersifat industri rumahan. Ketika akhirnya menemukan formulayang pas untuk bolu kukus coklat itu, katering Ibu Sumi mulai menawarkan kue itu kepada pelanggan dan istri Joko turut serta membesarkan toko kue ini. Menurut istri Joko, Atin, ketika ditawarkan kepada konsumen kateringnya, kue cokelat itu langsung jadi favorit. Rupanya, tekstur lembut dan paduan rasa cokelat yang mantap, membuat kue ini disukai. Joko yang melihat potensi pasar kue itu, mengeluarkan kue tersebut dari daftar salah satu menu dalam katering.
Awal tahun 2000 Joko dan Atin membuka sebuah kios kaki lima di komplek pertokoan Metro, Bandung untuk menjualnya. Tetapi kios kaki lima ini kemudian digusur dan pindah di daerah perumahan. Anehnya setelah pindah di perumahan Tata Surya, brownies kukus ini melejit hingga sampai sekarang.
Seiring dengan permintaan pasar yang semakin tinggi, membuat tempat usaha yang mereka tempati sudah tidak memenuhi kapasitas produksi. Tahun 2002 Sumi dan keluarganya berpindah lagi ke lokasi usaha baru di Jl. Rancabolang Bandung. Mengulangi kesuksesan di tahun sebelumnya, dari lokasi yang baru kesuksesan brownies kukus Amanda menunjukan kemajuan yang luar biasa. Lokasi yang strategis dan didukung dengan cita rasa brownies kukus yang lezat, mengantarkan bisnis yang dulunya hanya dikerjakan di rumah kini menjadi industri kue yang sangat sukses.
Pada tahun 2004, merek brownies kukus Amanda resmi dipatenkan menjadi brand produk kue buatan Sumi dan keluarganya. Kini brownies kukus Amanda sudah memiliki puluhan cabang yang tersebar di berbagai kota. Dengan menawarkan lebih dari dua puluh varian produk, saat ini penjualan produk Amanda bisa mencapai ribuan kotak untuk setiap harinya di masing-masing cabang.
D. Produk
1. Pemberian Nama “Amanda”
Menurut Ibu Sumi, nama “Amanda” di ambil dari suatu singkatan yaitu “Anak Mantu Damai”. Itulah harapan Ibu Sumiwiludjeng terhadap keempat anak lelakinya, Joko Ervianto, Andi Darmansyah , Sugeng Cahyono, dan Rizka Kurniawan, yang dari kecil selalu hidup rukun.
2. Macam-macam Produk dan Harga
Brownies kukus “Amanda” merupakan suatu produk yang berasal dari Bandung yang semula hanya mengandalkan produksi “Brownies Kukus Original’/Chocolate”, sekarang telah memproduksi brownies kukus dengan rasa yang beraneka ragam guna mengikuti perkembangan pasar dan selera konsumen.
Brownies “Amanda” hanya menghasilkan produk yang berupa brownies, namun dengan inovasi rasa yang berbeda.
Inovasi-inovasi baru tersebut adalah dengan menciptakan Brownies dengan berbagai rasa, yaitu:
Original Harga : Rp. 24.000,- Brownies Kukus Cokelat yang akan memanjakan lidah anda dengan sensasi rasa cokelatnya yang lezat serta bolunya yang legit | Green Tea and Cheese - Brownies Kukus 3 Flava Harga : Rp. 26.000,- Brownies kukus dengan 3 lapisan, yaitu original, keju dan green tea, yang kya akan rasa dan menjadikannya unik untuk anda nikmati | ||||||
Banana Bizz Harga : Rp. 28.000,- Diolah dari pisang-pisang pilihan dan berkualitas yang dipadukan dengan olahan brownies kukus coklat yang legit sehingga menghasilkan rasa yang unik. | Bangket Duo Harga : Rp. 18.000,- Special Kue kering denga rasa coklat alami, sangat cruncy di lidah dan cocok untuk anda sajikan di ruang tamu, ruang keluarga maupun di ruang meeting. | ||||||
Blueberry Harga : Rp. 30.000,- Perpaduan antara brownies kukus original yang dipadukan dengan olahan brownies yang di mix dengan blueberry pilihan terbaik untuk anda nikmati di suasana santai anda dimanapun | Beef Pastry Harga : Rp. 30.000,- Olahan daging sapi segar yang diracik dengan bumbu khusus, kemudian dibalut dengan puff pastry special dan di oven sehingga menghasilkan sebuah hidangan istimewa yang akan menggoyang lidah anda | ||||||
Cheese Cream Harga : Rp. 50.000,- Perpaduan antara brownies kukus original di dasarnya dengan cheesse cream brownies diatasnya, memberikan kenikmatan yang mewah bagi pecinta keju | Cheese Roll Harga : Rp. 35.000,- Keju pilihan terbaik yang dibalut dengan olahan pastry sehingga menghasilkan cemilan yang nikmat untuk dinikmati anda bersama keluarga atau teman-teman dalam suasana apapun | ||||||
Choco Marble Harga : Rp. 28.000,- Perpaduan antara brownies kukus original yang diberi extra toping coklat yang menambah sensasi rasa coklat menjadi lebih lekat dilidah anda. | Cheese Stick Harga : Rp. 25.000,- Olahan keju pastry yang cruncy, gurih dan ringan untuk dinikmati menjadi cemilan harian anda | ||||||
Green Marble Harga : Rp. 30.000,- Brownies kukus original yang di mix dengan toping cokelat beraromakan melon diatasnya, diberi taburan kismis dan kacang almond yang special untuk anda nikmati | Chicken Pastry Harga : Rp. 30.000,- Olahan daging ayam segar yang diracik dengan bumbu khusus, kemudian dibalut dengan puff pastry special dan di oven sehingga menghasilkan sebuah hidangan istimewa yang akan menggoyang lidah anda | ||||||
Pink Marble Harga : Rp. 28.000,- Perpaduan antara brownies kukus original yang diberi extra toping strawberry yang menambah sensasi rasa coklat berpadu strawberry menjadi lebih lekat dilidah anda. | Cake Ketan Bakar Harga : Rp. 24.000,- Cake yang terbuat dari ketan putih yang dipanggang dan diatasnya ditaburi dengan kacang Almond pilihan dan selai Blueberry yang lezat | ||||||
Sarikaya Pandan Harga : Rp. 28.000,- Perpaduan antara brownies kukus original yang dipadukan dengan olahan brownies yang di mix dengan sarikaya dan pandan sehingga menghasilkan perpaduan rasa yang begitu ringan dilidah dan lezat. | Peanut Butter Harga : Rp. 24.000,- Hidangan cake pastry yang berisi olahan kacang dari bahan baku terbaik sehingga menghasilkan kualitas rasa yang unik dan lezat | ||||||
Tiramisu Marble Harga : Rp. 30.000,- Brownies kukus original yang diberi extra toping cokelat tiramisu diatasnya, menjadikannya begitu lezat dilidah dan memiliki ke-khasan tiramisu yang tidak akan anda lupakan | Pisang Bolen Cokelat Harga : Rp. 26.000,- Hidangan cake pastry dalam bentuk pisang bolen yang berpadu dengan coklat dan akan memanjakan lidah anda saat anda menikmatinya dalam suasana apapun dan dimanapun | ||||||
Brownies Bakar Harga : Rp. 26.000,- Merupakan olahan brownies yang dipanggang pada proses pengolahan akhirnya sehingga menghasilkan tingkat kekeringan yang sedang dan tetap memiliki kualitas rasa coklat yang pas untuk dinikmati siapa saja. | Pisang Bolen Keju Harga : Rp. 26.000,- Hidangan cake pastry dalam bentuk pisang bolen berpadu dengan keju lezat dan akan memanjakan lidah anda saat anda menikmatinya dalam suasana apapun dan dimanapun | ||||||
Strawberry Cheese - Brownies Kukus 3 Flava Harga : Rp. 26.000,- Brownies Kukus dengan 3 lapisan, yaitu original, cheese dan strawberry, menjadikannya kaya akan rasa dan memberikan nuansa segar di lidah saat anda menikmatinya | Sweet Stick Harga : Rp. 22.500,- Olahan pastry yang cruncy, gurih, manis dan ringan untuk dinikmati menjadi cemilan harian anda | ||||||
Lemon Cheese - Brownies Kukus 3 Flava Harga : Rp. 26.000,- Brownies Kukus dengan 3 lapisan, yaitu original, lemon dan cheese, yang kaya akan rasa dan memberikan nuansa segar di lidah saat anda menikmatinya | |
Dengan adanya inovasi rasa ini di harapkan para konsumen akan menjadi lebih tertarik membeli produk Brownies “Amanda” sesuai dengan selera masing-masing konsumen, selain itu inovasi rasa ini juga dimaksudkan untuk membidik/menarik semua segmen pasar (pangsa pasar), mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga manula. Meskipun rasa yang ditawarkan sangat beraneka ragam yang paling diminati oleh konsumen adalah “Brownies Kukus Original’/Chocolate”.
BAB III
PROMOSI USAHA
A. Promotion (promosi)
CV Amanda melakukan promosi dari mulut ke mulut sebagai strategi promosi pertama untuk memperkenalkan produk Amanda Brownies Kukus kepada masyarakat yang pada saat itu segmentasinya hanya ibu-ibu rumah tangga di daerah Margahayu, Bandung. Strategi promosi dari mulut ke mulut ini menimbulkan efek bola salju hingga mencapai kesuksesan sampai saat ini. Selama perjalannya menggunakan strategi promosi dari mulut ke mulut, CV Amanda dipengaruhi berbagai faktor baik faktor yang mendorong maupun faktor penghambat. Faktor pendorongnya berasal dari konsumen, sedangkan faktor penghambat berasal dari kompetitor, para pengecer atau penjual produk Amanda Brownies Kukus dan isu-isu negatif yang tidak terelakan. Selain itu, seiring perkembangan usaha dan teknologi yang ada, strategi promosi CV Amanda kini diperkuat dengan promosi melalui media, baik cetak maupun elektronik seperti promosi melalui below the line, yaitu banner, billboard, spanduk, flayer, pamphlet dan lain-lain. Serta menggunakan event-event yang dipersembahkan kepada konsumen dari Amanda Brownies Kukus sebagai tanda terima kasih.
Berdasarkan hasil penelitian, kesimpulan yang didapat strategi promosi word of mouth pada Amanda Brownies Kukus Bandung yaitu strategi promosi dari mulut ke mulut ini memiliki pengaruh besar bagi kesuksesan CV Amanda dalam mempromosikan produk. Perencanaan dan pelaksanaan dari strategi promosi word of mouth ini sangat sederhana namun memiliki hasil yang besar. Hasil dari pelaksanaan strategi ini menghasilkan suatu model jaringan komunikasi sederhana atau jaringan promosi yang terjadi dalam konsumen Amanda Brownies Kukus.
B. Kekuatan (Strength) dan Kelemahan (Weaknesses) Amanda Brownies.
Analisis kekuatan (streght) dan kelemahan (weakneses) suatu organisasi atau bisnis bertujuan untuk mengidentifikasi factor internal (dalam) yang mempengaruhi keberlangsungan dari bisnis yang dijalankan.
Analisis kekuatan (streght) dan kelemahan (weakneses) Amanda Brownies adalah sebagai berikut:
1. Strength (Kekuatan)
Strength adalah situasi atau kondisi yang merupakan kekuatan dari organisasi atau program yang bersifat internal.
Kekuatan yang dimiliki toko Amanda Brownies adalah sebagai berikut:
a. Oleh-oleh
Amanda Brownies dapat dijadikan alternatif oleh-oleh bagi para wisatawan jika berkunjung ke kota Malang.
b. Produk yang khas
Amanda Brownies hanya menyediakan satu macam jenis kue yaitu “Brownies” namun dengan inovasi rasa yang berbeda sehingga akan menjadi ciri khas produk ini dan membuat konsumen lebih tertarik untuk mencoba dan membeli.
c. Rasa
Brownies “Amanda” mempunyai banyak pilihan rasa dengan harga yang cukup terjangkau bagi kalangan menegah ke atas.
d. Lokasi strategis
Lokasi Brownies “Amanda” letaknya sangat strategis sehingga mudah dijangkau oleh konsumen, baik itu dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.
e. Kemasan
Brownies “Amanda” menggunakan kemasan yang bercorak dan menarik yang berbeda-beda untuk setiap rasa, sehingga menambah nilai “prestigious” dari produk ini.
f. Delivery Order
Terdapat layanan delivery order sehingga konsumen dari berbagai kota dapat memesan produk ini, namun dengan tambahan biaya pengiriman.
Kelemahan yang dimiliki toko Amanda Brownies adalah sebagai berikut:
a. Produk hanya satu jenis
Produk yang ditawarkan hanya satu jenis, hal ini dapat menjadi kekuatan dari bisnis ini, namun juga dapat menjadikan kelemahan, jika selera konsumen terus berubah, bukan tidak mungkin produk ini akan di tinggalkan dan beralih ke produk lain yang lebih inovasi.
b. Toko terbatas pada kota besar
Brownies “Amanda” bukan merupakan bisnis waralaba, jadi tidak setiap kota terdapat outlet/toko, cabang “Amanda Brownies” hanya di buka di kota-kota besar.
c. Masa expired singkat
Brownies ini mempunyai masa expired yang relatif singkat yaitu sekitar 4 hari pada suhu kamar dan maksimum 1 minggu jika disimpan di lemari pendingin (kulkas).
2. Weaknesses (Kelemahan)
Weaknesses adalah kegiatan-kegiatan perusahaan yang tidak berjalan dengan baik atau sumber daya yang dibutuhkan oleh perusahaan tetapi tidak dimiliki oleh perusahaan. Kelemahan itu terkadang lebih mudah dilihat daripada sebuah kekuatan, namun ada beberapa hal yang menjadikan kelemahan itu tidak diberikan solusi yang tepat karena tidak memaksimalkan kekuatan yang sudah ada.
C. Peluang (Opportunity) dan Ancaman (Threat) Amanda Brownies
Analisis peluang (opportunity) dan ancaman (threat) suatu organisasi atau bisnis bertujuan untuk mengidentifikasi factor eksternal/lingkungan yang mempengaruhi keberlangsungan dari bisnis yang dijalankan.
1. Opportunities (Peluang)
Opportunity adalah faktor positif yang muncul dari lingkungan dan memberikan kesempatan bagi perusahaan untuk memanfaatkan. Opportunity tidak hanya berupa kebijakan atau peluang dalam hal ini mendapatkan modal berupa uang, akan tetapi bisa juga berupa respon masyarakat atau isu yang diangkat.
Peluang yang dimiliki toko Amanda Brownies adalah sebagai berikut:
a. Selera
Toko Amanda Brownies memproduksi brownies kukus dengan rasa beraneka ragam. Dengan hal yang demikian, diharapkan para konsumen akan menjadi lebih tertarik membeli produk “Brownies Amanda” sesuai dengan selera masing-masing konsumen. Selain itu inovasi rasa ini juga dimaksudkan untuk membidik/menarik semua segmen pasar (pangsa pasar), mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga manula. Sehingga toko “Amanda Brownies” menjadikan selera masyarakat sebagai peluang untuk mendapatakan lebih banyak profit.
b. Keadaan penduduk
Malang dikenal sebagai kota pendidikan sehingga setiap tahunnya semakin banyak pendatang di kota Malang, hal ini membuat bisnis makanan mempunyai prospek yang baik.
c. Malang kota pariwisata
Selain sebagai kota pendidikan, kota Malang juga dikenal sebagai kota pariwisata. Keberadaan toko Amanda Brownies akan menjadi alternatif bagi para wisatawan untuk membeli oleh-oleh.
2. Threats (Ancaman)
Threats adalah factor negative dari lingkungan yang memberikan hambatan bagi berkembangnya atau berjalannya sebuah perusahaan.
Ancaman utama yang dihadapi Amanda Brownies berasal dari competitor (pesaing) produk yang sejenis yaitu kue dan ataupun makanan.
Beberapa pesaing tersebut adalah:
a. Elsari Brownies (harga brownies Elsari relatif terjangkau. Sebagai contoh harga brownies panggang ukuran besar 32x12 cm adalah Rp.27.000,- sampai dengan Rp.31.000,-. Harga ini relatif jauh lebih murah dibandingkan dengan brownies Amanda ukuran 18x6 cm seharga Rp. 25.000,-.)
b. Holland Bakery (menyediakan berbagai macam roti dan kue seperti Black Forest, Tiramisu Cake, dll, namun harga yang ditawarkan relatif mahal)
c. Roti Boy (hanya menyediakan satu macam jenis kue sehingga tidak membingungkan konsumen, namun rasa roti yang ditawarkan mempunyai ciri khas .Ciri khas dari rotiboy adalah adanya rasa asin dibagian dalam roti karena adanya butter sedangkan bagian luarnya terasa manis karena roti ini dilapisi oleh krim kopi. Sedangkan teksturnya lembut dibagian dalam sedangkan bagian luarnya garing)
d. Breadtalk (menyediakan berbagai macam roti dan cake dengan beranekaragam rasa, toping dan bentuk)
e. Firly Brownies (dikenal masyarakat luas di daerah Jakarta)
BAB IV
PEMASARAN
A. Faktor Pemasaran
1. Analisis Konsumen
Brownies Amanda menyediakan produk untuk semua jenis kalangan dari bawah keatas. Untuk karakteristik konsumen Brownies Amanda jika dari segi ekonomi, semua orang dari berbagai kalangan dapat membeli tetapi kebanyakan konsumen dengan karakteristik menengah keatas. Konsumen Brownies Amanda rata-rata dari kalangan remaja hingga orang tua yang kebanyakan berada di kota cabang Brownies Amanda tersebut. Brownies Amanda terdapat banyak varian rasa, seperti Green Tea Mint Cheese, Strawberry Cheese, Lemon Cheese, Tiramisu, Original, Green Marble, Pink Marble, Tiramisu Marble, Banana Bizz, Srikaya Pandan, Blueberry, Brownies Kering dan Brownies Bakar. Tetapi konsumen dari berbagai cabang Brownies Amanda lebih menyukai brownies dengan rasa original karena rasa brownies yang asli dan tidak ada campuran. Harga dari tiap-tiap varian rasa brownies pun juga bermacam-macam dari yang paling murah seharga Rp 18.000 hingga harga yang paling mahal seharga Rp 50.000. Tetapi konsumen dari berbagai cabang Brownies Amanda lebih banyak membeli brownies dengan rasa original dengan harga Rp 24.000.
Keinginan konsumen akan Brownies Amanda untuk kebutuhan-kebutuhan tertentu tidak untuk kebutuhan rutin. Kebutuhan-kebutuhan konsumen akan Brownies Amanda seperti kebutuhan untuk berbagai acara seperti pernikahan, lebaran, weekend dan liburan. Dan juga karena kenyamanan produk dan layanan jasa Brownies Amanda yang membuat konsumen ingin terus membeli Brownies Amanda.
Cara sesuai yang digunakan Brownies Amanda untuk menginformasikan produk kepada konsumen adalah dengan menyusun strategi pemasaran (marketing), promosi di media seperti brosur, lalu Brownies Amanda juga mengisi acara-acara atau event untuk menginformasikan produknya dan memasang boot di depan outlet Brownies Amanda. Konsumen membeli produk Brownies Amanda ini sering terencana karena kebanyakan untuk acara-acara tertentu dan pembelian untuk produk Brownies Amanda juga bersifat musiman, karena produk Brownies Amanda mengalami kenaikan penjualan pada saat hari-hari tertentu dan ada acara-acara tertentu. Pembelian Brownies Amanda dapat dengan mudah membeli langsung di outlet-outlet yang telah tersebar di wilayah seluruh Indonesia dan juga Brownies Amanda menerima delivery order.
2. Analisis Lingkungan Kompetitif
Kompetitor yang dihadapi oleh perusahaan Brownies Amanda berada pada level Nasional. Pelaku yang menjadi kompetitor dari Brownies Amanda adalah Firly. Firly merupakan pelaku baru. Akan tetapi keberadaan Firly tersebut tidak membawa persaingan yang besar terhadap perusahaan Brownies Amanda. Hal tersebut dikarenakan level yang berbeda antara dua perusahaan tersebut. Brownies Amanda sudah dikenal oleh masyarakat luas dari berbagai kalangan, sehingga menjadikan Brownies Amanda berada pada level Nasional. Sedangkan Firly hanya dikenal masyarakat di wilayah Jakarta.
Untuk bahan baku, Brownies Amanda menggunakan tepung Bogasari dimana tepung tersebut juga banyak digunakan sebagai bahan baku pembuatan berbagai jenis kue. Brownies Amanda sudah memiliki pasokan tersendiri bahan baku pembuatan brownies yaitu tepung bogasari. Oleh karena itu, peluang pemasok untuk mengintegrasikan pasokannya ke industri lain tidak begitu besar pengaruhnya karena sudah ada bagian masing-masing antar perusahaan. Sedangkan perusahaan kompetitor saat ini yang bisa memiliki peluang yang sama sejauh ini tidak terlalu banyak, salah satunya adalah Firly. Namun seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Firly bukan merupakan kompetitor Borwnies Amanda yang terberat dikarenakan level yang berbeda.
Dalam sistem penjualan masalah harga, Brownies Amanda mematok harga sesuai dengan kualitas yang mereka berikan kepada konsumen. Harganya pun terjangkau, mulai dari harga Rp 26.000 untuk rasa Brownies Original, dan berbagai macam harga lainnya sesuai dengan berbagai macam varian rasa yang ditawarkan. Brownies Amanda diciptakan untuk berbagai kalangan. Mulai dari kalangan bawah sampai kalangan atas, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Untuk masalah persaingan dalam pasar, sejauh ini Brownies Amanda masih menduduki posisi atas yang menjadi pilihan konsumen. Dan Brownies Amanda tidak termasuk dalam perusahaan franchise, tetapi berdiri sendiri dan hanya meminjam nama. Aset-aset yang dimiliki oleh Brownies Amanda cukuo banyak, dari berbagai ruko yang disewa, mobil transportasi yang dimiliki, dan lain-lain.
Saat ini yang menjadi dasar pesaingan dalam industri adalah inovasi produk. Brownies Amanda sudah cukup banyak mengeluarkan berbagai macam varian rasa brownies. Bahkan tidak hanya pada inovasi rasa brownies, sekarang Amanda juga memproduksi kue-kue kering. Hal tersebut juga menjadi salah satu alasan mengapa Brownies Amanda masih menjadi pilihan nomer satu dimasyarakat. Untuk masalah biaya produksi dan pemasaran, pihak Brownies Amanda selalu melakukan evaluasi diberbagai cabang toko dengan kepala pimpinan bagian masing-masing. Dan untuk lokasi Brownies Amanda sendiri sudah cukup strategis. Mereka memilih menyewa ruko pada kawasan yang ,mudah dijangtkau, contohnya saja pada pertigaan jalan, jalan satu arah, pusat keramaian kota, dan tempat-tempat lain yang sekiranya mudah dijangkau oleh masyarakat luas. Untuk kualitas tidak perlu diragukan lagi, karena harga brownies menjamin kualitas brownies itu sendiri.
B. Rencana Pemasaran
Brownies Amanda telah menjadi Produk Brownies yang ternama di Pulau Jawa, termasuk di Malang, Brownies Amanda tidak sembarangan melakukan usahanya, termasuk memikirkan desain logo dan lain-lain dengan baik. Brownies Amanda mempunyai orang yang ahli dalam bidang desain, jadi desain Brownies Amanda tidak sembarang dan yang pasti desain itu akan menambah nilai untuk Brownies Amanda itu sendiri.
Brownies Amanda mempunyai segmen pasar yang bagus, dari awal berdirinya Brownies Amanda di bandung dan akhirnya membuka Cabang diJatim Brownies Amanda sudah digemari para konsumen, konsumen mengethaui adanya Brownies Amanda dari mulut ke mulut, tidak hanya rasanya yang enak, Brownies Amanda juga termasuk murah. Meskipun harga Brownies Amanda mengalami kenaikan, namun konsumen tidak ada kritikan karna memang adanya kenaikan bahan baku itu sendiri yang harus mau tidak mau mempengaruhi harga Brownies Amanda itu sendiri. Perusahaan sudah menerapkan strategi yang baik dalam usahanya.
Brownies Amanda dikenal orang lewat mulut-kemulut, Brownies Amanda juga mempunyai trik promosi untuk usaha mereka ke berbagai daerah dan terbukti dengan banyaknya sertifikat kerjasama yang terjalin antara Brownies Amanda dengan orang lain. Brownies Amanda juga mempunyai situs website agar konsumen dapat mengetahui Brownies Amanda lebih jauh lagi. Dengan adanya berbagai rasa yang ditawarkan Brownies Amanda, Perusahaan mempunyai modal untuk menarik konsumen dan itu salah satu cara bagaimana Perusahaaan untuk mempromosikan dirinya.
Brownies Amanda telah menerapkan 4P dengan baik (Place, Price, Promotion, Product) selain mempunyai tempat yang strategis yang dilalui semua orang dan tempat ditengah kota dan dalam jalan 1 arah, Brownies Amanda mempunyai produk yang beraneka Ragam contohnya Brownies original, pandan keju, dan masih banyak lain. Selain itu harga yang dijangkau beberapa kalangan, dan yang pasti sesuai dengan kualitas Brownies Amanda.
C. Faktor Produksi
1. Kecukupan jumlah pasokan bahan baku
Dalam usahanya Brownies Amanda bekerja sama dengan Bogasari untuk menghasilkan bronies yang diminati oleh konsumen, Brownies Amanda mempunyai beberapa bahan baku untuk pembuatannya, antara lain adalah Tepung, Coklat, Gula, Sari Pandan, Keju, dan bahan lainnya.
Brownies Amanda menghindari bahan-bahan kimia yang dapat merusak cita rasa dan kualitas, serta itu Brownies Amanda menjunjung kebersihan yang ada.
Bahan baku tepung yang didapat perusahaan untuk membuat brownies didapat dari Bogasari. Tepung-tepung yang diterima oleh perusahaan disimpan paling lama satu minggu oleh perusahan.
Bahan baku dari brownies Amanda itu sendiri sangat berpengaruh dalam produk Brownies Amanda itu sendiri. Bahan yang kualitasnya kurang baik akan merusak kualitas dan pastinya cita rasa yang ada didalam Brownies Amanda.
2. Standar kualitas bahan baku
Kualitas produk brownis amanda memiliki dampak yang sangat diharapkan bagi keloyalitasan konsumen terhadap produk tersebut. Dengan berbahan baku tepung terigu yang diproduksi oleh Bogasari serta penanganan dalam penyimpanan yang hanya dengan kurun waktu satu minggu maka untuk kualitas dari bahan baku sendiri tidaklah menurun. Sehingga dengan adanya kualitas bahan baku yang terjamin(baik) maka produk yang dihasilkan yaitu berupa brownis tidak akan merugikan kepuasan konsumen yang dituju.
3. Penjualan pasokan Bahan Baku
Dalam jangka waktu tujuh hingga sepuluh hari persediaan tepung terigu yang terdapat digudang dan digunakan sebagai bahan baku brownies ini tidak akan mengalami penyusutan kualitas karena tepung bogasari sendiri merupakan tepung pilihan yang sudah terjamin mutunya. Sehingga meskipun dilakukan penyimpanan dalam gudang tidak akan berpengaruh terhadap hasil dari bahan baku tepung tersebut atau kualitas brownis amanda sendiri. Dengan adanya perputaran produk yang cepat menyebabkan tidak adanya penumpukan bahan baku digudang, sehingga hal tersebut juga memberikan pengaruh baik terhadap kualitas bahan baku itu sendiri.
Mengenai tidak adanya ketetapan pemerintah mengenai standar grading ataupun kriteria penyeleksian terhadap bahan baku dapat memudahkan/meringankan perusahaan untuk menentukan sendiri kriteria yang tepat sebagai penilai bahan baku. Dengan pemberian fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan bahan baku yang bertujuan agar bahan baku tetap terjamin kualitasnya.
4. Rasionalisasi pembiayaan untuk pembelian bahan baku
Sistem kontrak merupakan sistem yang diterapkan di perusahaan ini, dengan bentuk keuntungan yang bermacam-macam seperti halnya harga yang cenderung lebih murah sehingga dapat mengurangi pengeluaran, dengan adanya perbedaan kualitas yang diberikan oleh bogasari karena bersifat kontinyu(terus-menerus) sehingga produk brownis pun hasilnya dikomersilkan lagi, dan lain-lain.
5. Organisasi dan sistem pengadaan bahan baku
Dalam pengadaan bahan baku, perusahaan brownis amanda ini tidak menjalin hubungan kemitraan dengan para petani yang mengolah bahan baku utama tepung, akan tetapi perusahaan ini melakuka kemitraan dengan para petani pisang dan penyedia telur.
6. Manajemen inventori
Kapasitas daya simpan yang sesuai dengan kapasitas produksi dalam memproduksi produk dapat dikatakan cukup untuk menyimpan bahan baku selama 1 minggu. Dalam setiap minggunya jadwal produksi akan terus dibuat konstan, agar tidak ada bahan yang terlalu lama disimpan didalam gudang. Jenis bahan baku yang dapat disimpan dalam waktu jangka lama adalah seperti tepung, pengembang adonan, gula, dan beberapa pewarna maupun ekstrak dari buah yang memliki daya simpan cukup panjang. Resiko dari penyimpanan bahan baku sendiri adalah serangga penggangu seperti kutu, semut, dll. Oleh karena itu penyimpanan digudang seperti tepung diusahakan tidak pernah lebih dari 1 minggu.
7. Pengemasan dan pengolahan input
Pengemasan yang dimiliki oleh perusahaan brownies Amanda adalah berupa kotak yang disalamnya dilapisi oleh kertas kue untuk melindungi kualitas dan postur dari produk itu sendiri. Pengemasan ini lebih nyaman untuk dibawa konsumen sebagai oleh-oleh maupun sebagai makanan untuk disajikan dalam acara-acara seperti pesta, dll. Kemasan yang digunakan sangat memberikan citra terhadap produk dan sangat informatif, lengkap dengan komposisi, sertifikat hallal, dan tanggal pembuatan. Untuk biaya pengemasan sendiri, perusahaan tidak mematok harga pengemasan persetiap produknya, akan tetapi perusahaan langsung membeli kotak sebanyak beberapa rim untuk setiap proses pengemasannya. Diferensiasi kemasan yang diberikan cukup menarik dimana setiap varian rasa memiliki kemasan dan warna tersendiri, sehingga lebih menambahkan nilai produknya dan lebih menarik perhatian konsumen juga.
8. Programasi proses produksi dan kontrol
Perusahaan menggunakan sistem SOP dalam setiap proses produksi, baik itu teknis maupun manajerial. Perusahaan selalu mengutamakan strategi pemasaran yang baik, dan juga selalu mengevaluasi setiap proses produksi tiap bulannya, sehingga dapat menekan kerugian yang sama dan meningkatkan keuntungan.
D. Faktor Finansial
Untuk permodalan sendiri, perusahaan Brownies Amanda tidak menggunakan perkreditan dan juga tidak melakukan investasi, melainkan modal langsung dari uang pemilik perusahaan. Perusahaan selalu melakukan evaluasi terhadap keuangan secara periodik, yaitu setiap hari dan akan diakumulasikan disetiap akhir bulannya. Mekanismenya adalah dengan menghitung setiap kuantitas barang yang dijual perharinya dan nantinya akan diakumulasikan pada akhir bulan. Hal tersebut akan dilakukan oleh karyawan accounting. Setiap penghasilan yang didapatkan akan disetor ke Bank Mandiri.
E. Manajemen Sumber Daya Manusia
Karyawan yang dipekerjakan oleh pemilik perusahaan ini adalah sekitas 9 orang. Karyawan bekerja berdasarkan pembagian waktu kerja yang telah ditetapkan. Pembagian waktu kerja ada dua yaitu saat pagi hari dan sore hari. Seleksi penerimaan karyawan yang dilakukan adalah dengan adanya standart pendidikan yaitu SMA, dan memang berniat untuk berkecimpung dalam bidang pekerjaan yang akan diberikan. Karyawan akan diberikan pelatihan skill secara rutin untuk meningkatkan mutu dari karyawan perusahaan tersebut. Selain itu, pengalamanpekerjaan juga menjadi penentu dalam diterimanya karyawan tersebut sebagai pegawai perusahaan. Setiap karyawan memiliki hak dan fasilitas yang sangat baik seperti adanya asuransi jiwa bagi setiap karyawan dan juga adanya pengobatan gratis bagi setiap karyawan yang sedang sakit. Seluruh biaya akan ditanggung oleh perusahaan demi menjaga kesejahteraan karyawannya. Jam kerja dari setiap karyawan perharinya adalah maksimal 8 jam, dimana hari libur karyawan akan tetap bekerja, kecuali libur Idul Fitri. Adanya sistem reward yang dibuat oleh pemimpin perusahaan menjadi pemberi semangat bagi karyawan untuk memberikan yang terbaik kepada perusahaan, seperti tamasya pribadi, dll. Beberapa punishment juga diberikan kepada karyawan yang melanggar sistem peusahaan yang ada. Karyawan akan diberikan peringatan terlebih dahulu apabila melakukan setiap kesalahan. Pembagian tugas yang diberikan kepada karyawan perempuan dan laki-laki juga diterapkan dalam perusahaan, dimana pegawai perempuan akan ditempatkan di pekerjaan yang lebih ringan seperti kasir, dan untuk pegawai laki-laki akan ditempatkan dipekerjaan yang lebih berat, seperti front office. Tentu saja dengan adanya perbedaan pada setiap gender ini akan berdampak pada upah atau gaji setiap pegawai, dimana pasti akan terdapat perbedaan gaji.
0 komentar :