Hubungan Pemasaran
Hubungan Pemasaran
19. a. Hubungan Pemasaran (Relationship Marketing) bertujuan untuk membangun hubungan jangka panjang yang saling memuaskan dengan konstituen guna memguatkan dan mempertahankan bisnis. Dan kunci dari hubungan itu terdapat empat aspek yang tidak bisa dipisahkan, yaitu: pelanggan, pegawai, mitra pemasaran (pemasok, distributor, delaer, agen dan saluran) dan anggota masyarakat finansial (pemagang saham, investor, analisis)
b. Manajemen Hubungan Pelanggan (Customer Relationship Management) adalah suatu jenis manajemen yang secara khusus membahas teori mengenai penanganan hubungan antara perusahaan dengan pelanggannya dengan tujuan meningkatkan nilai perusahaan dimata pelanggannya.
c. Database Pelanggan (Customer Database)adalah kumpulan informasi komprehenship yang terorganisasi tentang para pelanggan pelanggan untuk masa kini atau masa yang akan datang, yang dapat di akses dan dapat di tindak lanjuti yang bertujuan untuk meningkatkan pemasaran. Seperti memberikan arahan, penjualan produk atau jasa, atau memelihara hubungan dengan para pelanggan.
d. Database Pemasaran (Marketing Database) adalah suatu bentuk pemasaran langsungmenggunakan database pelanggan atau pelanggan potensial untuk menghasilkan komunikasi pribadi dalam rangka untuk mempromosikanproduk atau jasa untuk tujuan pemasaran. Metode komunikasi dapat berupa media addressable, seperti dalam pemasaran langsung.
Keempat hal ini saling berkaitan dan bisa dijadikan tolak ukur dalam pemasaran. Ketika suatu perusahaan mempunyai hubungan pemasaran yang luas, tentunya bagian pemasaran akan memenej hubungannya dengan dengan pelanggan agar pelanggan merasa dihargai dan tumbuhlah loyalitas pelanggan itu. Dan pastinya perusahaan mempunyai database pelanggan untuk mengetahui informasi-informasi para pelanggannya, dan ini bisa menjadi target pemasar penuh. Oleh karena itu perlu adanya database pemasaran, supaya para pemasar lebih efektif dalam memasarkan produknya. Dan dengan database ini pemasar dapat mengetahui siapa-siapa saja pelanggan yang baik, sedang, buruk bahkan mungkin tidak begitu suka dengan produk yang ditawarkan pemasar.
25. Dalam memilih segmentasi pasar yang efektif itu ada lima syarat yang harus dipenuhi, dan semuanya itu harus dapat dijalankan apabila perusahaan ingin mengembangkan pemasarannya, yaitu:
1. Terukur. Maksudnya adalah ukuran dalam daya beli, dan katakteristik dari segmen tersebut dapay di ukur.
2. Subtansial. Maksudnya adalah segmen ini cukup besar dan sangat mengutungkan untuk dijalani. Karena sebuah segmen itu harus menjadi kelompok homogen terbesar yang layak dikejar dengan program pemasaran yang disesuaikan.
3. Dapat diakses. Maksudnya adalah segmen dapat dijangkau dan dapat dilayani secara efektif.
4. Dapat dideferensiasi. Segmen ini dapat dibedakan secara konseptual dan mempunyai respons yang berbeda terhadap elemen dan dalam program bauran pemasaran yang berbeda.
5. Dapat ditindaklanjuti. Maksudnya adalah program yang baik itu dapat diformulasikan untuk menarik dan melayani segmen.
0 komentar :